RIZKI MOBILKU
Anda adalah seorang konsultan
manajemen untuk Rizki Hidayat, pemegang saham mayoritas dari kelompok 5 dealer
mobil merangkap bengkel servis. Ia telah meminta Anda untuk menghabiskan
beberapa hari di Rizki Mobilku, sebuah dealer yang tidak memberikan kinerja
sesuai dengan potensinya. Anda tidak diperkenankan “mencari masalah”, sebagai
gantinya, tugas Anda adalah menemukan cara-cara untuk membantu manajemen di
dealer tersebut mengambil keuntungan dari setiap peluang.
Satu hari ketika Anda sedang
berbicara dengan Pramono, manajer penjualan untuk Rizki Mobilku, Anda menyadari
bahwa dealer hanya mempergunakan sistem pemrosesan transaksi—ia tidak menyadari
potensi dari informasi yang telah dikumpulkannya untuk pengambilan keputusan
manajerial. Sebagai contoh, Rizki Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan
pemilik dari setiap mobil yang dijualnya, tetapi ia tidak pernah menghubungi
pemilik mobil tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku tahu
bahwa orang yang membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut
dengan mobil baru lain 10 tahun kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi pelanggan-pelanggan
sebelumnya ini.
Soal
1. Berdasarkan
kasus Rizki Mobilku, jelaskan perbedaan antara data dan informasi. Data apa
yang sebaiknya diproses menjadi informasi di Rizki Mobilku?
Jawab :
·
Data adalah fakta mentah atau rincian peristiwa
yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari
penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi
informasi untuk dapat di terima oleh penerima.
·
Informasi adalah
hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran
penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
Data yang seharusnya jadi informasi :
1)
Dealer
2)
Pemerosesan transaksi
3)
Mobil
4)
Manajerial
2. Apakah
saran anda terhadap kasus Rizki Mobilku untuk mencapai keunggulan kompetitif ?
Jawab:
Seharusnya
Rizki Mobilku merubah sistem manajerialnya berserta sistem pemrosesan
transaksinya dan mengolah data data dari setiap pembeli yang telah membeli
mobil di Rizki mobilku
Tidak ada komentar:
Posting Komentar