Tugas Sistem Perencanaan
PROSES PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN
A. LATAR BELAKANG
Setiap perusahaan dalam menjalankan aktivitas usahanya selalu
menyusun rencana kegiatan yang akan dilakukannya dalam rangka pencapaian
tujuan usaha yang diharapkan. Rencana yang disusun memberi arah
terhadap kegiatan yang akan dijalakan untuk pencapain tujuan. Rencana
kegiatan perusahaan yang menyeluruh harus didukung dengan rencana
pelaksanaan yang lebih rinci dalam bidang-bidang kegiatan yang terdapat
dalam perusahaan tersebut. Dalam hal ini, sering ditemui adanya recana
produksi, rencana keuangan, dan rencana pemasaran. Rencana pemasaran
yang disusun suatu perusahaan tidak lepas dari rencana kegiatan
perusahaan secara menyeluruh, baik untuk jangka pendek maupun untuk
jangka panjang.
B. Rumusan Masalah
Apa pengertian dan peranan perencanaan pemasaran?
Apa saja macam-macam perencanaan pemasaran?
Bagaimana proses perencanaan pemasaran?
C. Tujuan
Mengetahui pengertian dan peranan perencanaan pemasaran?
Mengetahui macam-macam perencanaan pemasaran?
Mengetahui proses perencanaan pemasaran?
D. Pengertian dan Peranan Perencanaan Pemasaran
Setiap perusahaahn atau badan usaha selalu melakukan kegiatan
pemasaran, yang merupakan ciri dari aktivitas usahanya. Tidak ada satu
badan usahapun terlepas dari kegiatan pemasaran ini. Baik perusahaan
yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT), mapun Firma, CV dan perusahaan
perseroan serta Koperasi dan badan-badan usaha milik Negara lainnya,
semua tidak terlepas dari kegiatan pemasaran. Kegiatan pemasaran yang
dilakukan kegiatan perusahaan perlu dikoordinasikan dan diarahkan untuk
mencapai tujuan perusahaan umumnya dan tujuan bidang pemasaran
khususnya. Rencana pemasaran merupakan perumusan usaha yang akan
dilakukan dalam bidang pemasaran, dengan menggunakan sumber daya yang
ada dalam suatu perusahaan, guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu
dibidang pemasaran pada waktu tertentu dimasa yang akan datang.
Perencanaan strategi pemasaran adalah bagaiamana cara untuk dapat
menemukan berbagai peluang menarik dan menyusun strategi yang
menguntungkan. Kegiatan penyusunan rencana pemasaran inilah yang disebut
dengan perencanaan pemasaran.
Perencanaan pemasaran suatu perusahaan dapat memberikan manfaat bagi:
Usaha untuk mendorong cara berpikir jauh kedepan.
Usaha mengkoordinasi kegiatan pemasaran secara lebih baik.
Usaha mengawasi kegiatan pemasaran yang telah dilakukan yang
didasarkan atas standar prestasi kerja yang ditetapkan dalam rencana.
Perencanaan pemasaran bertujuan memberikan pendekatan yang sistematik dan teratur bagi usaha:
Menyeimbangkan dan menyelaraskan kegiatan pemasaran yang dapat menjamin tercapainya tujuan dan sasaran.
Menggunakan cara-cara berusaha dibidang pemasaran secaar intensif dan optimal.
Menjamin keselarasan dan keserasian antara bagian yang terdapat
dalam perusahaan dalam usaha pencapaian tujuan dan sasaran perusahaan.
E. Macam-macam Perencanaan Pemasaran
Dalam suatu perusahaan terdapat beberapa macam perencanaan pemasaran, berupa:
Perencanaan pasar yang strategis (Strategic Market Planning)
Perencanaan ini berkaitan dengan perencanaan usaha perusahaan, kearah
mana usaha perusahaan akan dikembangkan. Dalam perencanaan ini akan
dicakup penetapan pasar yang mana akan dilayani dan produk apa yang
harus dihasilkan dan dipasarkan.
2. Perencanaan Strategis Pemasaran Perusahaan (Corporate Marketing Planning)
Perencanaan ini merupakan perencanaan jangka panjang yang bersifat
menyeluruh dan strategis, yang merumuskan berbagai strategi dan program
pokok dibidang pemasaran perusahaan, yang akan dilaksanakan untuk
mencapai tujuan perusahaan dalam suatu jangka waktu tertentu. Dalam
melakukan perencanaan ini, dilaksanakan:
a Analisis sumber daya dan lingkungan perusahaan.
b Analisis situasi yang mencakup: analisis pasar dan segmentasinya.
c Penetapan strategi perusahaan dengan mempertimbangkan pasar dan produk, yang dapat berupa:
strategi penetrasi pasar, untuk jenis produk yang lama dan pasar yang lama.
strategi pengembangan produk, untuk jenis produk yang baru dana pasar yang lama.
strategi pengembangan pasar, untuk jenis produk yang lama dan pasar yang baru.
strategi diversifikasi, untuk jenis produk yang baru dan pasar yang baru.
3. Perencanaan Pemasaran yang strategis ( Strategic marketing Planning)
Perencanaan ini berkaitan dengan usaha untuk memasarkan produk
perusahaan. Perencanaan ini mencakup strategi pemasaran yang terpadu.
Yang dimaksud dengan acuan pemasaran (marketing mix), yaitu strategi produk., strategi harga, distribusi dan strategi promosi.
4. Perencanaan pemasaran yang operasional (Operational Marketing Planning)
Perencanaan ini merupakan perencanaan kegiatan pelaksanaan dibidang
pemasaran yang rinci atas daerah/wilayah niaga, produk, dan waktu.
Dalam perencaan ini akan mencskup:
a Rencana penjualan per daerah, per produk, dan per bulan.
b Rencana penyaluran atau distribusi.
c Rencana promosi per produk, per daerah dan per bulan.
d Rencana penelitian dan pengembangan pasar.
e Rencana penelitian dan pengembangan produk.
F. Proses Perencanaan Pemasaran
Analisis Hasil Prestasi Kegiatan Pemasaran
Dalam analisis ini dilakukan pengkajian mengenai perkembangan hasil
penjualan dan realisasi kegiatan yang dilakukan dalam bidang pemasaran.
Analisis ini harus dapat memberikan kesimpulan tentang sebab-sebab naik
atau turuunnya hasil penjualan khususnya dan pemasaran umumnya.
2. Analisis SWOT Pemasaran Perusahaan
Dalam analisis ini dilakukan pengkajian atas keadaan lingkungan
pemasaran perusahaan terutama perkembangan ekonomi, sosial, budaya,
teknologi dan pemerintah. Pengaruh pertumbuhan ekonomi masyarakat
terhadap kemungkinan potensi pasar. Faktor- faktor di dalam perusahaan
yang dapat menimbulkan keunggulan dan kelemahan perusahaan, Sebagai
contoh kemampuan sumber daya manusia dan dana yang dimiliki perusahaan.
3. Penentuan Tujuan (Objek) Pemasaran
Dalam hal ini perusahaan harus menetapkan tujuan yang ingin dicapai
dalam bidang pemasaran, apakah tingkat penjualan ataupun tingkat laba
yang diharapkan.
4.Penetapan Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang ditetapkan didasarkan atas sasaran pasar (target market) dan
tujuan (objektif) perusahaan. Strategi perusahaan yang ditetapkan
mencakup strategi harga, produk, penyaluran atau distribusi dan promosi.
5. Penetapan Target Pemasaran
Berdasarkan pertimbangan hasil keempat langkah di atas, kemudian
ditetapkanlah target pemasaran. Target pemasaran yang ditetapkan dapat
dinyatakan dalam volume penjualan (unit) atau nilai penjualan (rupiah)
maupun laba.
6. Penyusunan Rencana Pemasaran
Setelah target pemasaran ditetapkan, langkah selanjutnya adalah
penyusunan rencana pemasaran. Rencana pemasaran yang disusun
menggambarkan kegiatan yang dilakukan dalam bidang pemasaran.
7. Penyusunan Program Pemasaran
Berdasarkan rencana pemasaran tersebut, kemudian disusun rincian
kegiatan yang akan dilakukan yang dikaitkan atas waktu, tempat, dan oleh
siapa dilaksanakan. Rincian kegiatan ini disebut program pemasaran.
8. Penyusunan Anggaran Pemasaran.
Langkah terakhir dalam perencanaan pemasaran adalah penyusunan
anggaran pemasaran. Anggaran pemasaran yang disusun hendaklah didasarkan
atas program pemasaran yang telah ditetapkan. Hal ini karena akan
terjadi kebutuhan anggrana yang berbeda apabila waktu dan tempat
pelakasanaan kegiatan berbeda. Sehingga dalam penyusunan anggaran
pemasaran selain diperhatikan produknya juga perlu diperhatikan waktu
dan pelakasanaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar